Pengantar E-Bisnis
A. Pengertian dan model-model e-bisnis
- Pengertian e-Bisnis
A. Pengertian dan model-model e-bisnis
- Pengertian e-Bisnis
Pengertian e-Bisnis adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
- Model-Model e-Bisnis
1. B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
2. B2B
(Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara
organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
3.
Consumer-to-consumer (C2C) dimana konsumen menjual produk secara langsung
kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa,
pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.
Contohnya meliputi www.bekas.com dan www.classified2000.com.
4.
Consumer-to-business (C2B) meliputi individu yang menjual produk atau jasa
kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan
penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
5.
Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti
lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi
sosial, dan instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id, www.bps.go.id,
www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan
berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau
meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
6.
Intrabusiness (organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas
internal organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi
pertukaran barang, jasa atau informasi.
Memasuki era
ini, e-business dipandang bakal mengalami perkembangan pesat. Ini ditunjukan
dengan berbagai angka prediksi yang mencerminkan optimisme mengenai masa depan
e-business.
Menurut biri
reset terkemuka Forrester Research, total pasar e-business diseluruh dunia pada
tahun 2001 Mencapai US$ 354 milyar, dan yang paling mendominasi berasal dari
business-to-business commerce.
B.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan e-Bisnis
Terdapat dua
faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam
e-business.
Faktor
pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas
strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua
adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga
karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
Validitas, Integritas, dan Privasi
D. Infrastruktur e-Bisnis
Kemajuan
teknologi komunikasi dan jaringan, terutama internet, menyediakan inrastruktur
yang dibutuhkan untuk e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran
umum konsep jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan
metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam
mengimplementasikan e-business.
SUMBER : http://riivanda.blogspot.com/2012/11/pengantar-e-bisnis.html
0 komentar:
Posting Komentar